Konsentrasi Kajian Media, Budaya dan Masyarakat

Konsentrasi Media, Budaya, dan Masyarakat memfokuskan diri pada kajian yang melihat keterkaitan kompleks antara media dengan pola pikir (rationale) dan pola bertindak (practices) yang membentuk interaksi dalam masyarakat yang ada pada suatu teritori tertentu atau yang terhubung dalam suatu jaringan yang melampaui batas territorial tertentu. Keterkaitan media, budaya, masyarakat ini dilihat dalam berbagai domain kehidupan masyarakat, baik dalam domain politik, ekonomi, dan sosial. Media dalam hal ini tidak hanya dilihat sebagai isi media dan institusi media namun juga dilihat sebagai objek material media (teknologi media) yang turut berperan dalam membentuk praktik keseharian (everyday life) masyarakat, namun disaat yang bersamaan budaya dan interaksi masyarakat juga membentuk peran dan kemampuan media (media affordances). Kajian media dalam konsentrasi ini juga tertarik untuk menelaah perkembangan dan inovasi media digital memunculkan pergeseran makna berbagai konsep dalam kajian sosial, seperti dualisme produsen-konsumen media, publik-privat, dominan-subordinat, konteks global-lokal, dan konsep-konsep konvensional lainnya.