Jurnal Interaksi adalah portal analisis kritis populer yang independen dan orisinal dari akademisi dan komunitas peneliti tentang isu sosial dan politik kontemporer baik lokal maupun asing yang ditinjau dari berbagai sudut pandang ilmu komunikasi, termasuk kebijakan media dan komunikasi strategis.

Diterbitkan oleh Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro yang bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI) dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). Sehingga, kami hanya mengizinkan penulis menulis sesuai bidang kepakaran mereka, yang harus dituliskan dalam bentuk hasil penelitian.

Sebagai upaya untuk terus berkontribusi pada pengembangan ilmu sosial dan politik, membuat jurnal Interaksi milik MIKOM UNDIP yang sudah terakreditasi Dikti, secara konsisten akan menerbitkan naskah dari kontributor sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Tercatat, sejak 2012, total yang sudah terbit hingga sekarang adalah 163 naskah.

Kami percaya pada akses dan arus informasi yang terbuka dan bebas, Jurnal Interaksi dapat menjadi sumber daya yang terbuka: bebas dibaca dan bebas dibagi serta dapat memberi ruang bagi para pembaca dengan perspektif tajam agar meningkatkan kualitas perdebatan dan perbincangan publik.

Saat ini, kami sedang dalam proses pengajuan re-akreditasi nasional dan internasional.