PROSPEK LULUSAN

Profil lulusan Prodi merupakan peran dan fungsi lulusan setelah menyelesaikan pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan/ keahlian dari program studi.

Deskripsi profil lulusan merupakan penjabaran dari profil lulusan yang dapat digunakan untuk menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan.

 

No. PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
1. Akademisi/ Dosen Ilmuwan komunikasi yang mampu  melakukan pengajaran, penelitian dan publikasi,  serta pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan Media, Budaya dan Masyarakat serta Komunikasi Strategis
2. Peneliti Media Perancang dan pelaksana penelitian media  dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang mampu memberikan masukan kepada pengambil keputusan dari organisasi yang membutuhkan seperti institusi media, instansi pemerintah, LSM, serta lembaga profit dan non-profit lainnya
3. Peneliti Komunikasi Strategis Perancang dan pelaksana penelitian Komunikasi Strategis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang mampu memberikan masukan keputusan kepada organisasi yang membutuhkan baik perusahaan profit maupun non-profit.
4. Profesional Komunikasi 

 

Perancang dan pelaksana pekerjaan profesional di bidang komunikasi strategis (komunikasi pemasaran bisnis/sosial/politik, periklanan, humas, konsultan Komunikasi Strategis) yang menjunjung kode etik.

 

Kompetensi Lulusan

Dari profil lulusan, maka setiap lulusan diharapkan memiliki berbagai kompetensi sebagai wujud capaian pembelajaran Prodi Mikom baik kompetensi sebagai peneliti, pendidik, maupun profesional, yaitu:

  • Mampu melakukan analisis dan sintesis tentang keterkaitan antara media, budaya, dan masyarakat dengan melihat peran, fungsi, dampak, dan perubahan yang dibawa oleh media bagi masyarakat di berbagai bidang seperti pemerintahan, politik, bisnis, kesehatan, lingkungan, seni, hiburan, industri kreatif, dan bidang lainnya.
  • Mampu melakukan analisis dan sintesis tentang prinsip dasar strategis dalam memahami pemangku kepentingan internal maupun eksternal menghadapi globalisasi, regulasi dan kebijakan pemerintah, digitalisasi, perubahan ekspektasi masyarakat, perubahan lingkungan.
  • Mampu menerjemahkan pengetahuan teoretik konseptual tentang media untuk memberikan masukan/saran, kebijakan, dan aplikasi praktis terhadap institusi terkait yang membutuhkan dengan landasan prinsip-prinsip etika media.
  • Mampu menerjemahkan prinsip-prinsip komunikasi strategis untuk memberikan masukan, saran, kebijakan, dan aplikasi praktis terkait isu komunikasi strategis terhadap institusi terkait dengan landasan prinsip-prinsip etika komunikasi
  • Mampu mengidentifikasi stakeholder sebagai dasar merancang sampai dengan mengevaluasi program komunikasi untuk pencapaian tujuan strategis pada institusi bisnis, sosial dan politik
  • Menguasai dasar-dasar teori Media, Budaya dan Masyarakat dalam berbagai domain kehidupan masyarakat yaitu politik, ekonomi, dan social.
  • Menguasai prinsip-prinsip Komunikasi Strategis dalam konteks bisnis, sosial, budaya, dan politik
  • Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian komunikasi
  • Menguasai prinsip-prinsip penelitian media untuk menjelaskan dan memperluas pemahaman tetang keterkaitan media dengan perubahan masyarakat di berbagai bidang yaitu politik, ekonomi, dan social-budaya.
  • Menguasai dasar-dasar dan prinsip penelitian Komunikasi Strategis untuk menjelaskan dan memperluas pemahaman tentang keterkaitan antara  perencana strategis dengan stakeholder terhadap pencapaian tujuan strategis
  • Menguasai prinsip-prinsip dasar filosofi keilmuan yang meliputi ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi.
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pengembangan IPTEKS di bidang komunikasi