Perkembangan teknologi komunikasi digital sekarang ini telah menyebabkan disrupsi dalam industri media massa termasuk di Indonesia. Teknologi mempengaruhi semua bidang mulai dari proses produksi konten media hingga distribusinya. Teknologi komunikasi sendiri juga telah memberikan banyak pengaruh pada ekonomi politik media, terutama pada model bisnis media massa di era digital yang juga mengalami perubahan yang drastis.
Teknologi internet dan digital juga telah memunculkan industri kreatif yang mengalami perkembangan luar biasa yang digerakkan oleh konten creator dengan adanya perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, Tiktok, dll. Aktivitas ekonomi politik mereka secara tidak langsung telah mempengaruhi ekonomi politik media arus utama hingga memunculkan banyak gesekan diantara industri media nasional dan technology company.
Kuliah umum ini ingin melihat lebih jauh tentang bagaimana teknologi internet mempengaruhi wajah industri media massa di Indonesia. Bagaimana kepentingan ekonomi politik media massa di Indonesia berubah dan mengalami pergeseran.
Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan skema Kuliah Dosen Tamu yang dilaksanakan secara daring dan luring, dengan detail kegiatan sebagai berikut:
Waktu pelaksanaan : 10.00-12.00 WIB
Metode : Online/Hybrid
Pembicara : Hellena Yoranita Souisa, PhD ( Multiplatform Journalist pada Australian Broadcasting Corporation (ABC) Australia
0 Komentar