Sebenarnya, strategic communication tidak hanya berfokus pada satu hal. Sebuah strategi akan mengarah pada semua efek dalam komunikasi untuk mencapai tujuan. Menurut Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta G. Arum Yudarwati. PhD, strategi komunikasi tidak bisa jika dilihat dari perspektif organisasi, namun juga harus dilihat lewat perspektif publik.
Apabila strategi komunikasi berhasil, maka itu akan berdampak ke partisipasi masyarakat. Poin penting dalam strategic communication untuk mendorong adanya partisipasi publik adalah dengan kepemilikan atau ownership.
“Sebelum mencapai ownership, harus diperlukan partnering dan harus melewati proses fasilitasi seperti training. Sehingga, ketika suatu perusahaan sudah selesai dengan strategi komunikasinya, maka masyarakat pun akan tetap mendengungkan konsep yang ada,” katanya saat menjadi pemateri dalam acara Webinar Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP bertajuk “Webinar Strategic Communication: Encouraging Public Participation” yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (12/11/2020).
0 Komentar