Visiting Lecturer : Transformasi Digital dalam Komunikasi Strategis

Kuliah Dosen Tamu

Posted by Nur Inayah

April 27, 2023

Penggunaaan data dan teknologi memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk lembaga. Pada sisi lain, hal tersebut juga dapat menjadi bumerang bagi lembaga dan personal jika tidak dikelola secara tepat. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan salah satu contoh teknologi yang memberikan inovasi dan kebaruan. Pemanfaatannya juga perlu diperhatikan dengan baik oleh praktisi pemasaran digital. Kecerdasan buatan dan big data akan membantu praktisi pemasaran digital dalam membuat rancangan komunikasi strategis yang efisien, sehingga dapat menjangkau target audiens secara langsung. Teknologi AI diprediksi juga akan digunakan untuk menjalankan intelijen bisnis dan pasar, melakukan diseminasi informasi, serta merencanakan komunikasi strategis.

Praktisi pemasaran digital harus mengembangkan kemampuan menerjemahkan data menjadi strategi dan aksi. Dengan menggunakan AI, praktisi dapat memberi masukan terhadap kebijakan, membantu keputusan-keputusan penting yang perlu diambil perusahaan, dan mendorong perubahan perilaku secara lebih tepat. Kendati teknologi data digital semakin dibutuhkan, keahlian dan keterampilan dasar kerja praktisi dalam hal hubungan antar manusia tetap tidak dapat ditinggalkan. Kuliah umum ini ingin melihat lebih jauh tentang bagaimana AI dan Big Data mempengaruhi paradigma pemasaran digital yang merupakan proses adaptasi dari kemajuan teknologi informasi pada pengembangan kajian komunikasi strategis.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara offline pada hari Kamis tanggal 4 Mei 2023, Pukul 18.00-21.00 WIB. Berlokasi di Gedung Magister Ilmu Komunikasi Lantai 1 Dengan narasumber Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom., MS.IEC. yang merupakan Dosen pada UNIKA Soegijapranata Semarang.

Narahubung Kegiatan : Nadya / +62 82242719014

@MIKOM UNDIP NEWS

0 Komentar